PTS Hanya Memiliki Mahasiswa Kurang Dari 50 Terancam Ditutup

Perguruan Tinggi Swasta yang hanya memiliki mahasiswa kurang dari 50 terancam ditutup. Hal ini terkait surat edaran (SE) Moratorium Kemenristedikti dalam evaluasi kualitas perguruan tinggi melalui Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah 7 Jatim.

Evaluasi juga sedang diupayakan terkait program studi (Prodi). вЂњAda sekitar 8 persen PT yang memiliki mahasiswa di bawah 50, ini kami bina dulu sebelum kemudian di tutup. Karena akan berat biaya operasionalnya,” terang Sekretaris pelaksana Kopertiswilayah 7, Ali Maksum kepada SURYA.co.id di kantornya, akhir bulan Oktober lalu.

Ia merinci kategori universitas terdapat satu PT yang memiliki mahasiswa di bawah 50. Kategori sekolah tinggi sebanyak 8, akademi 11, politeknik 4, dan kategori akademi komunitas sebanyak 1 lembaga.

Menurut Ali, memiliki mahasiswa di bawah 50 merupakan PT yang tidak sehat secara operasional. Bila PT ini tidak mau merger, maka Kopertis berhak menutup lembaga tersebut. вЂњYang paling banyak itu memang di level akademi. Kalau mereka tidak mau merger, baru kami tutup,” jelasnya

Moratorium pembentukan PT dan Program Studi (Prodi) baru tak lepas dari kondisi yang tidak seimbang antara kebutukan vokasi dengan non eksak (sosial). Seperti pada Kopertis wilayah 7 yang masih timpang. Dari total 331 PT dengan 1.800 prodi, sekitar 52 persen merupakan prodi sosial atau noneksakta. Sisanya prodi eksak. Artinya, di Jatim terdapat 936 prodi sosial dan 864 prodi eksak. вЂњSeharusnya yang lebih banyak itu prodi eksak,” ungkapnya.

Ali mengungkapkan, pembukaan prodi sosial semakin marak karena persiapannya cukup murah dibanding prodi eksak. Prodi eksak memerlukan berbagai sarana prasarana yang tidak murah. Selain melakukan moratorium, pihaknya juga mengevaluasi sejumlah PT yang memiliki jumlah mahasiswa di bawah 50 orang.

surabaya.tribunnews.com, foto: pojokpitu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *