SELAMA DUA HARI GELAR AMAI, LPM UNITRI HARAPKAN SASARAN MUTU INTERNAL TERCAPAI

MALANG – Guna menjamin proses Pendidikan Penelitian Pengabdian Masyarakat atau Proses Tri Dharma Perguruan Tinggi berlangsung, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang kembali menggelar kegiatan rutin tahunan bertajuk Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) Tahun 2020, Senin-Selasa (14/15). Selama dua hari berturut-turut, tim Auditor berkunjung ke seluruh Fakultas di UNITRI seperti Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Sekolah Pascasarjana, dan D-IV Bidan Pendidik.

Ketua pelaksana AMAI sekaligus Kabag Perencanaan dan Peningkatan Mutu LPM UNITRI, Dr. Asnah, SP., MP menjelaskan, adapun agenda kegiatan AMAI ialah untuk melakukan Audit Mutu Akademik Internal di masing-masing Fakultas maupun Program studi. Kegiatan ini merupakan kali ketiga dan telah dimulai sejak tahun 2016 dengan berbagai sasaran dan tujuan yang ingin dicapai.

“Kita mulai audit itu sejak tahun 2016 yang mana pada tahun 2016/2017 itu sasaran atau harapannya adalah kelengkapan Sumber Daya Manusia Penjaminan Mutu di Fakultas masing-masing. Kemudian tahun 2017/2018 sasarannya yakni kelengkapan dokumen operasional, dan kemarin yang kita sasar adalah pengelolaan atau manajemen kinerja rutin dari Unit Pengelola Program Studi (UPPS).” Ujarnya.

Dr. Asnah, SP., MP menambahkan, tim auditor berupaya melihat bagaimana proses Tri Dharma Perguruan Tinggi dilakukan sehari-hari termasuk bagaimana fakultas menyiapkan perencanaan, kebijakan, mengevaluasi dan melaporkan sistem yang ada di Fakultas itu sendiri.

“Selain itu ada tidak strategi yang dilakukan fakultas supaya pengelolaan itu sesuai dengan treknya. Karena ini juga digunakan untuk Unit Pengelola Program Studi (UPPS) atau Fakultas pada saat akreditasi eksternal dari ban-PT sehingga sudah siap karena apa yang kita auditkan sebenarnya adalah apa yang nanti ditanyakan juga di dalam laporan.”

Secara teknis, pelaksanaan AMAI diawali dengan pengiriman surat sosialisasi dan penyegaran bagi auditor yang berasal dari masing-masing Fakultas. Selanjutnya, LPM mengirimkan surat kepada Fakultas untuk mengisi data dan melengkapi laporan evaluasi diri yang dikirim kembali kepada LPM dan digunakan untuk evaluasi. Hasilnya akan dianalisis berdasarkan instrumen yang ada dan baru dijelaskan dan diklarifikasi dalam kunjungan audit secara langsung di Fakultas masing-masing.

“Setelah fase pertama tersebut, temuan itu nanti kita isi dan kami akan menyimpulkan hasil klarifikasi dengan berita acara mengingat temuan itu berdasarkan hasil evaluasi saat assesment lapangan.”

Seperti diketahui, pada Senin (14/9) kemarin, adapun tim Auditor yang mengunjungi FP, FT, dan FE diantaranya Risnaningsih, SE., M.SA (Humbis), Firman Firdaus, SH., MH, Dr.Ir.Sri Umi Lestari, MP, Hasminar Rahman, S.Si., S.Pd., M.Pd, Hendra Kurniawan, SP., M.Ling dan Nia Lukita, S.Si., M.Sc. sementara pada hari Selasa (15/9), tim auditor yang mengunjungi FE, FISIP, FIKES, FIP, Sekolah Pascasarjana, dan D-IV Bidan Pendidik diantaranya Dr.Asnah, SP., MP, Pamela Dinar Rahma, ST., MT., Ir. Bambang Siswanto, MS., I Made Indra Agastya, SP., MP., Dr.Ir.Kgs Ahmadi, MP, Rizki Aprilia, SE., MM, Hendra Kurniawan, SP., M.Ling, Firman Firdaus, SH., MH, Eka Fitasari, S.Pt., MP., dan Hasminar Rahman, S.Si., S.Pd., M.Pd. Khusus untuk D-IV Bidan Pendidik, kegiatan kunjungan dilakukan via daring melalui zoom meeting.

LPM UNITRI terus menargetkan keberlanjutan kegiatan setelah kunjungan AMAI. Rencananya, akan ada kunjungan Rencana Tindak Perbaikan (RTP) lanjutan dari temuan perbaikan yang akan dilaksanakan dalam tiga bulan mendatang yakni pada 12 Desember 2020 untuk melihat bagaimana Fakultas memperbaiki hal-hal yang ditemukan pada fase satu ini. (HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *