Struktur Organisasi

Lembaga Penjaminan Mutu, yang disingkat LPM adalah perangkat yang membantu Rektor untuk bertanggung jawab dalam pengawasan dan penjaminan mutu di tingkat universitas. Dalam menjalankan tugas, LPM memiliki struktur organisasi yang terdiri dari Kepala Lembaga, Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian.

Berikut ini adalah struktur organisasi LPM :

Kepala LPM

  1. Menyusun Program Kerja dan RKA LPM;
  2. Menetapkan Rencana Operasional dan kebijakan mutu kinerja LPM sebagai bentuk penerjemahan Rencana Operasional dan Kebijakan universitas;
  3. Menyusun Kebijakan dan Manual Mutu SPMI universitas;
  4. Merencanakan kegiatan penjaminan mutu dalam kerangka SPMI universitas;
  5. Mengkoordinasikan kegiatan LPM dengan Rektor dan Wakil Rektor;
  6. Mengkoordinasikan kegiatan kerjasama LPM dengan pihak di dalam dan di luar universitas terkait mutu;
  7. Melakukan pembinaan terhadap GJM terkait penjaminan mutu;
  8. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan seluruh program dan/atau kegiatan LPM;
  9. Melakukan evaluasi pelaksanaan seluruh program dan/atau kegiatan LPM secara berkala;
  10. Merekomendasikan hasil evaluasi AMI kepada Rektor untuk peningkatan mutu universitas;
  11. Mengikuti berbagai pelatihan untuk penyegaran dan/atau meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas;
  12. Melakukan fungsi kontrol pengembangan personil;
  13. Memastikan terciptanya komunikasi dan hubungan kerja yang baik antar personil;
  14. Melakukan evaluasi kinerja personil jajarannya secara berkala sesuai Peraturan Rektor;
  15. Melaporkan kepada Rektor mengenai perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan program dan/atau kegiatan LPM dalam Laporan Tahunan;
  16. Melaksanakan tugas lain yang ditetapkan Rektor.

Kepala Bagian Perencanaan dan Peningkatan Mutu

  1. Menyusun Program Kerja dan RKA Bagian Perencanaan dan Peningkatan Mutu;
  2. Membantu Kepala LPM menyusun Rencana Operasional dan kebijakan mutu kinerja LPM sebagai bentuk penerjemahan Rencana Operasional dan Kebijakan universitas;
  3. Membantu Kepala LPM menyusun Kebijakan dan Manual Mutu SPMI universitas;
  4. Membantu Kepala LPM merencanakan kegiatan penjaminan mutu dalam kerangka SPMI universitas;
  5. Membantu Kepala LPM dalam membina kerjasama dengan pihak di dalam dan di luar universitas terkait mutu;
  6. Mengkoordinasikan perencanaan, evaluasi, dan pengendalian pelaksanaan SPMI dalam rangka merumuskan rekomendasi peningkatan mutu universitas;
  7. Melaksanakan pendampingan kegiatan perencanaan dan pengembangan semua unit kerja Perangkat Rektor dalam kerangka peningkatan mutu universitas;
  8. Menyusun dan/atau melakukan kajian atau revisi dokumen SPMI universitas;
  9. Menyusun dan/atau melakukan kajian atau revisi dokumen Manual Prosedur dan instrumen perencanaan, pengendalian dan pengembangan semua unit kerja Perangkat Rektor dalam kerangka peningkatan mutu universitas;
  10. Mengkoordinasikan penyusunan atau revisi dokumen Manual Prosedur terkait pelaksanaan tugas dan fungsi semua unit kerja Perangkat Rektor;
  11. Mengkoordinasikan perencanaan serta evaluasi kegiatan Akreditasi dan Audit Mutu Internal (AMI);
  12. Mengkoordinasikan kegiatan pendampingan Akreditasi Program Studi (APS) dan Auditor Internal dalam pelaksanaan AMI;
  13. Menyediakan data dan informasi terkait perencanaan, pengendalian dan peningkatan mutu universitas;
  14. Mengkoordinasikan kegiatan administratif dan tata arsip LPM dalam rangka menjamin mutu kinerja LPM;
  15. Menyusun tim ad hoc dalam pelaksanaan tugasnya atas persetujuan Kepala LPM;
  16. Menyusun Laporan Triwulan Bagian Perencanaan dan Peningkatan Mutu sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada kepala LPM;
  17. Melaksanakan tugas lain yang ditetapkan Rektor dan/atau Kepala LPM.

Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi Mutu Pembelajaran

  1. Menyusun Program Kerja dan RKA Bagian Pemantauan dan Evaluasi Pembelajaran;
  2. Membantu Kepala LPM menyusun Rencana Operasional dan kebijakan mutu kinerja LPM sebagai bentuk penerjemahan Rencana Operasional dan Kebijakan universitas;
  3. Membantu Kepala LPM merencanakan kegiatan penjaminan mutu pembelajaran dalam kerangka SPMI universitas;
  4. Menyusun dan/atau melakukan kajian atau revisi dokumen Manual Prosedur dan Instrumen Monitoring Evaluasi Pembelajaran;
  5. Melaksanakan kegiatan pendampingan pelaksanaan Monitoring Evaluasi Pembelajaran di tingkat Fakultas oleh GJM;
  6. Mengkoordinasikan perencanaan dan evaluasi pelaksanaan Monitoring Evaluasi Pembelajaran di tingkat Fakultas oleh GJM secara berkala;
  7. Melakukan pemantauan pelaksanaan Monitoring Evaluasi Pembelajaran di tingkat Fakultas oleh GJM secara berkala;
  8. Menyediakan data dan informasi terkait mutu pembelajaran semua Fakultas;
  9. Menyusun tim ad hoc dalam pelaksanaan tugasnya atas persetujuan Kepala LPM;
  10. Menyusun Laporan Triwulan Bagian Pemantauan dan Evaluasi Mutu Pembelajaran sebagai pertanggungjawaban kepada kepala LPM;
  11. Melaksanakan tugas lain yang ditetapkan Rektor dan/atau Kepala LPM.

Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi Mutu Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

  1. Menyusun Program Kerja dan RKA Bagian Pemantauan dan Evaluasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat;
  2. Membantu Kepala LPM menyusun Rencana Operasional dan kebijakan mutu kinerja LPM sebagai bentuk penerjemahan Rencana Operasional dan Kebijakan universitas;
  3. Membantu Kepala LPM merencanakan kegiatan penjaminan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam kerangka SPMI universitas;
  4. Menyusun dan/atau melakukan kajian atau revisi dokumen Manual Prosedur dan Instrumen Monitoring Evaluasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat;
  5. Melaksanakan kegiatan pendampingan Monitoring Evaluasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di tingkat Universitas oleh Tim Pengulas;
  6. Mengkoordinasikan perencanaan dan evaluasi pelaksanaan Monitoring Evaluasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di tingkat Universitas oleh Pengulas;
  7. Melakukan pemantauan pelaksanaan Monitoring Evaluasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Tim Pengulas secara berkala;
  8. Menyediakan data dan informasi terkait mutu Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat semua Fakultas serta menjamin distribusi data tersebut untuk semua Fakultas oleh LPPM;
  9. Menyusun tim ad hoc dalam pelaksanaan tugasnya atas persetujuan Kepala LPM;
  10. Menyusun Laporan Triwulan Bagian Pemantauan dan Evaluasi Mutu Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai pertanggungjawaban kepada kepala LPM;
  11. Melaksanakan tugas lain yang ditetapkan Rektor dan/atau Kepala LPM.

Kepala Sub Bagian Pengelolaan Akreditasi dan Audit

  1. Menyusun dan/atau melakukan kajian atau revisi dokumen Manual Prosedur dan instrumen persiapan dan pendampingan Akreditasi Program Studi (APS);
  2. Menyusun dan/atau melakukan kajian atau revisi dokumen Manual Prosedur dan instrumen persiapan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT);
  3. Melaksanakan pendampingan APS bagi Program Studi yang mengajukan;
  4. Melaksanakan persiapan APT;
  5. Melaksanakan kegiatan perencanaan dan pengembangan AMI;
  6. Mengkoordinir perencanaan dan pengembangan kemampuan Auditor Internal;
  7. Mengkoordinasikan kegiatan audit eksternal non BAN-PT;
  8. Melakukan pendampingan persiapan audit eksternal non BAN-PT bagi unit kerja Perangkat Rektor terkait;
  9. Melaporkan kepada Rektor mengenai perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan program dan/atau kegiatan Pusat Akreditasi dan Audit melalui Kepala LPM dalam Laporan Triwulan dan Laporan Tahunan dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang ditetapkan Rektor dan/atau Kepala LPM.

Kepala Sub Bagian Pengelolaan Data dan Dokumen SPMI

  1. Membantu Kepala Bagian Perencanaan dan Peningkatan Mutu dalam menyusun dan/atau melakukan kajian atau revisi dokumen SPMI universitas;
  2. Membantu Kepala Bagian Perencanaan dan Peningkatan Mutu dalam menyusun dokumen Manual Prosedur dan instrumen perencanaan, pengendalian dan pengembangan semua unit kerja Perangkat Rektor dalam kerangka peningkatan mutu universitas;
  3. Membantu Kepala Bagian Perencanaan dan Peningkatan Mutu dalam mengkoor-dinasikan penyusunan atau revisi dokumen Manual Prosedur terkait pelaksanaan tugas dan fungsi semua unit kerja Perangkat Rektor;
  4. Melaksanakan tabulasi dan analisis data mutu universitas;
  5. Melaksanakan koordinasi dengan GJM serta Pusat Data dan Statistik Internal terkait distribusi data mutu kepada Fakultas dan sebagai pangkalan data;
  6. Menyusun Laporan Triwulan Sub Bagian Pengelolaan Data dan Dokumen SPMI sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada kepala LPM;
  7. Melaksanakan tugas lain yang ditetapkan Rektor dan/atau Kepala LPM dan/atau Kepala Bagian Perencanaan dan Peningkatan Mutu.

Kepala Sub Bagian Administrasi dan Arsip LPM

  1. Melaksanakan tata arsip dokumen SPMI universitas;
  2. Melaksanakan tata arsip dokumen LPM;
  3. Melaksanakan tata usaha LPM;
  4. Menyusun Laporan Triwulan Sub Bagian Administrasi dan Arsip LPM sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada kepala LPM;
  5. Melaksanakan tugas lain yang ditetapkan Rektor dan/atau Kepala LPM dan/atau Kepala Bagian Perencanaan dan Peningkatan Mutu.

Kepala Sub Bagian Evaluasi Mutu Pembelajaran

  1. Membantu Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi Mutu Pembelajaran dalam menyusun dan/atau melakukan kajian atau revisi dokumen Manual Prosedur dan Instrumen Monitoring Evaluasi Pembelajaran;
  2. Membantu Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi Mutu Pembelajaran dalam melaksanakan kegiatan pendampingan pelaksanaan Monitoring Evaluasi Pembelajaran di tingkat Fakultas oleh GJM;
  3. Membantu Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi Mutu Pembelajaran dalam mengkoordinasikan perencanaan dan evaluasi pelaksanaan Monitoring Evaluasi Pembelajaran di tingkat Fakultas oleh GJM secara berkala;
  4. Membantu Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi Mutu Pembelajaran dalam melakukan pemantauan pelaksanaan Monitoring Evaluasi Pembelajaran di tingkat Fakultas oleh GJM secara berkala;
  5. Melaksanakan tabulasi dan analisis data mutu universitas bidang pembelajaran;
  6. Menyusun Laporan Triwulan Sub Bagian Evaluasi Pembelajaran sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada kepala LPM;
  7. Melaksanakan tugas lain yang ditetapkan Rektor dan/atau Kepala LPM dan/atau Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi Pembelajaran.

Kepala Sub Bagian Evaluasi Mutu Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

  1. Membantu Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi Mutu Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam menyusun dan/atau melakukan kajian atau revisi dokumen Manual Prosedur dan Instrumen Monitoring Evaluasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat;
  2. Membantu Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi Mutu Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pendampingan Monitoring Evaluasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di tingkat Universitas oleh Pengulas;
  3. Membantu Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi Mutu Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam mengkoordinasikan perencanaan dan evaluasi pelaksanaan Monitoring Evaluasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di tingkat Universitas oleh Tim Pengulas;
  4. Membantu Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi Mutu Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam melakukan pemantauan pelaksanaan Monitoring Evaluasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Tim Pengulas secara berkala;
  5. Melaksanakan tabulasi dan analisis data mutu universitas bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  6. Menyusun Laporan Triwulan Sub Bagian Evaluasi Mutu Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada kepala LPM; dan
  7. Melaksanakan tugas lain yang ditetapkan Rektor dan/atau Kepala LPM dan/atau Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.